Punya Pabrik Fiberglass, Digunakan Boeing dan Shinkansen

Punya Pabrik Fiberglass, Digunakan Boeing dan Shinkansen

fiberglass

Harga Aluminium Composite Panel – Di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat terdapat pabrik serat kaca atau fiberglass. Produk yang diciptakan telah mendunia, malahan diaplikasikan sebagai salah satu bagian pesawat Boeing sampai bagian kereta kencang Shinkansen.

Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengatakan, industri fiberglass di Indonesia diuntungkan oleh keperluan dalam negeri dan pengaplikasian yang luas.

“Jadi posisinya saling menguntungkan. Pembangunan infrastruktur yang gencar dikerjakan pemerintah menjadi pasar bagi pipa fiberglass dalam negeri,” kata Menperin Saleh Husin dikala mengunjungi pabrik fiberglass PT ORI Polytec Composites di Bekasi, Rabu .

ORI Polytec ialah produsen bermacam pipa untuk aneka keperluan termasuk pipa air bersih dan limbah. Sebanyak 70 persen produk ORI diresapi oleh pasar dalam negeri meski sisanya dikapalkan ke luar negeri.

Pada ketika dikunjungi Menperin, para pekerja tengah melakukan pipa antara lain orderan Pertamina EP, proyek panas bumi Ulu Belu, Lampung yang digarap oleh BUMN PT Rekayasa Industri dan Fuji Electric asal Jepang, serta pipa untuk pabrik amonia milik Panca Amara Utama si kecil perusahaan PT Surya Esa Perkasa Tbk di Luwu, Sulawesi Tengah.

“Kami juga memproduksi panel interior untuk kokpit Boeing 787 Dreamliner, partisi dan bagian pintu kereta kencang Shinkansen,” kata Direktur ORI Polytec Alwin Cipto.

Perusahaannya mempunyai kapasitas produksi ketika ini sekitar 7.500 ton per tahun dengan empat unit pabrik merupakan di Tangerang dan 3 unit di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pihaknya optimistis daya kerja perusahaan kian membaik seiring keberpihakan pemerintah pada industri fiberglass dalam negeri, terlebih pada tender proyek-proyek infrastruktur nasional.

Dirjen Industri Kimia, Tekstil dan Aneka Kemenperin, Harjanto mau ORI Polytec terus memproduksi produk-produk komposit berteknologi tinggi yang memenuhi standar mutu internasional. Hal ini ikut serta meningkatkan poin tambah dan kekuatan saing industri Tanah Air.

Pada kunjungan itu juga, Sekretaris Dirjen Cipta Karya Kementerian Profesi Biasa dan Perumahan Rakyat Rina Agustin Indriani menyuarakan pihaknya tengah mengasah pembangunan fasilitas biasa berhubungan air bersih di segala Indonesia.

 

Baca Juga : Harga ACP 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *